Selasa, 04 Mei 2010

perkembangan bahasa

wew..pertama kalii ngisi blog nii..hehe..
udah gitu langsung kudu ngisi materi tentang perkembangan Bahasa..bingung jugaa sii..tapii di coba buat nulis walaupun rada gag jelas yoo gpp iaa..hwehehehe^^v..
perkembangan bahasaa..??eemmmhh..
kaloo singkatnya sii perkmbangan bahasaa ituu adalah segala bentuk komunikasi di mana pikiran dan perasaan scseorang disimbolisasikan agar dapat menyampaikan arti kepada orang lain.jadii lebih tepatnyaa yaa apa yang kita ingin bicarakan Oleh orang lain ya kita ungkapkan dengan berbicara atau berkomunikasi dengan orang tersebut.*getuw loo..;p*
nah, perkembangan bahasa ini juga dimulai dari tangisan pertama sampai anak mampu bertutur kata. Perkembangan bahasa terbagi atas dua periode besar, yaitu: periode Prelinguistik (0-1 tahun) dan Linguistik (1-5 tahun).
dan juga Ada tiga faktor paling signifikan yang mempengaruhi anak dalam berbahasa, yaitu biologis, kognitif dan lingkungan.

nah Evolusi biologi ini menjadi salah satu landasan perkembangan bahasa. Mereka menyakini bahwa evolusi biologi membentuk manusia menjadi manusia linguistik. Noam Chomsky (1957) juga yakin bahwa manusia terikat secara biologis untuk mempelajari bahasa pada suatu waktu tertentu dan dengan cara tertentu. Ia menegaskan bahwa setiap anak mempunyai language acquisition device (LAD), yang merupakan kemampuan alamiah anak untuk berbahasa. Tahun-tahun awal masa anak-anak merupakan periode yang penting untuk belajar bahasa (critical-period). Jika pengenalan bahasa tidak terjadi sebelum masa remaja, maka ketidakmampuan dalam menggunakan tata bahasa yang baik akan dialami seumur hidup.

nah yang kedua ini ada Faktor kognitif individu yang merupakan satu hal yang tidak bisa dipisahkan pada perkembangan bahasa anak. Para ahli kognitif juga menegaskan bahwa kemampuan anak berbahasa tergantung pada kematangan kognitifnya (Piaget,1954).
Misalnya, sapaan lembut dari ibu/ayah ia dengar dan belaian halus, ia rasakan, kedua hal ini membentuk suatu simbol dalam proses mental anak.

yang ketiga ada lingkungan luar Pada umumnya anak diperkenalkan bahasa sejak awal perkembangan mereka, salah satunya disebut motherse, yaitu cara ibu atau orang dewasa membantu anak belajar bahasa melalui proses imitasi dan perulangan dari orang-orang di sekitarnya.

Bahasa pada bayi berkembang melalui beberapa tahapan umum:
  • mengoceh (3-6 bulan)
  • kata pertama yang dipahami (6-9 bulan)
  • instruksi sederhana yang dipahami (9-12 bulan)
  • kata pertama yang diucapkan (10-15 bulan)
  • penambahan dan penerimaan kosa kata (lebih dari 300 kata pada usia 2 tahun).
  • tiga tahun ke depan kosa kata akan berkembang lebih pesat lagi

Pengenalan bahasa yang lebih dini dibutuhkan untuk memperoleh ketrampilan bahasa yang baik. Tiga faktor diatas saling mendukung untuk menghasilkn kemampuan berbahasa.

hemm..kayaknyaa cukup seginii yang aq tauu tentang nii materii..hehehehe..
yaa moga2 gag salah sii..
kalo ada kritikan,masukan,hujatan *beehh serem ameett..* atoo ada yg mw kasih angpao *wah boleh nii..* hohohoho..
silakeun saiijaa di isii komentarnyaa..hehehe..
ditungguu iaaa..^^v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar